Ariston Esa on the blog

NGAWUR ITU LEBIH ENAK

Posted on: November 13, 2012

Kita menemui masalah setiap hari, mulai dari rumah, kantor sampai urusan negara. Ada masalah yang ringan-ringan saja, ada masalah yang berat, bahkan ada masalah yang tidak tampak jalan keluarnya. Sering kita tidak sadar bahwa kita adalah penyebab masalah, tapi alih-alih mengakui bahwa kita adalah sumber masalah kita lebih suka menyalahkan orang lain. Karena memang dengan menyalahkan orang lain kita menjadi bebas (dari tuduhan), mendapat simpati, bahkan dapat pujian. Tapi hal itu hanya ilusi karena masalahnya tetap ada.

Masalah sebenarnya dapat diatasi dengan berbagai cara, mulai dari yang paling rumit menggunakan pola pikir analitis sampai yang paling gampang yaitu berpikir ngawur. Banyak kita jumpai berpikir ngawur dalam   proses pemecahan masalah bisa jadi merupakan suatu lompatan dalam pola pikir. Para motivator sering menyebutnya dengan berpikir kreatif. Kelihatannya luar biasa bukan setelah proses berpikir ngawur itu kita beri titel baru “kreatif”.

Berpikir ngawur dalam rangka curah ide sebenarnya tidak berdampak buruk, karena pada proses curah ide ini memang dibutuhkan banyak sekali masukan agar dapat dipilih alternatif terbaik. Dampak buruk dari berpikir ngawur akan tampak jelas pada pelaksanaan keputusan akhir. Berpikir ngawur dapat menjadi kontra produktif, terutama saat kita memilih solusi yang bersifat instan. Padahal bila kita mau berpikir sedikit lebih dalam, yang berarti bekerja lebih keras, solusi yang diperoleh mungkin tidak memerlukan pengorbanan sebesar yang dibayangkan. Malahan dengan cara seperti itu mungkin hal-hal yang kontra produktif bisa diminimalisasi.

Mungkin anda mengira bahwa berpikir ngawur tidak punya sisi positif. Beberapa sisi positif yang bisa diperoleh dari berpikir ngawur antara lain:

  1. Meningkatkan kesehatan, karena kita tidak stres.
  2. Memberikan kesempatan untuk trial and error.
  3. Mengetahui keputusan mana yang baik dan mana yang salah.
  4. Mendatangkan rejeki bagi orang lain (terutama yang berprofesi sebagai konsultan, seperti saya heheheehe)

Berpikir ngawur memang lebih enak. Bila nanti ternyata solusi yang diberikan salah kita tidak terlalu menyesal karena kita menyadari bahwa solusi yang diberikan sebelumnya memang dipikir secara ngawur.  Bila solusi yang kita berikan ternyata menyelesaikan masalah kita akan dianggap jenius karena mampu berpikir “out of the box“.

Mungkin anda bertanya-tanya apa tujuan dari posting ini? Jawabannya posting ini dibuat dengan pikiran ngawur, jangan terlalu diambil hati, namanya juga ngawur. Hahahahahahahaa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Flickr Photos

A bellezza di a natura (C☺rsica)

More Photos

REMOVE YOUR BUSINESS PAIN

CMA Consulting is professional consultant with years of experience. Our consultancy subjects are including: Finance, Tax, Audit and Information Technology.

Twitter Updates

%d bloggers like this: