Ariston Esa on the blog

We are the 1st Winner at Gadjah Mada Nasional Accounting Olympiad

Posted on: May 19, 2013

   Mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) kembali menorehkan prestasi di ajang lomba akuntansi tingkat nasional.

image

Juara 1 National Accounting Olympiad (dari kiri ke kanan: Meilya Lim, Agung Putra S., dan Leo Yehuda)

Setelah sebelumnya meraih Juara 1 dalam Indonesia Accounting Fair 14 yang diselenggarakan oleh Universitas Indonesia, kali ini, mahasiswa Jurusan Akuntansi meraih juara 1 dalam olimpiade akuntansi yang diadakan oleh Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Hal ini berarti mahasiswa  Akuntansi UKWMS telah “mengawinkan” 2 gelar juara Lomba Akuntansi Nasional bergengsi di Indonesia pada tahun 2013 ini. Lomba akuntansi bertajuk National Accounting Olympiad (NAO) ini merupakan sebuah olimpiade akuntansi berskala nasional yang didesain untuk menguji ketrampilan mahasiswa akuntansi dalam lingkup nasional dan menciptakan arena kompetisi yang sehat. Lomba yang diadakan tanggal 16-18 Mei 2013 ini menguji kemampuan konseptual dan teknis para peserta serta menguji pengetahuan peserta tentang isu global yang berkembang dalam dunia akuntansi di tahun 2013. Mahasiswa Jurusan Akuntansi UKWMS tidak sekali ini berhasil menorehkan prestasi membanggakan. Sebelumnya, Jurusan Akuntansi UKWMS sudah meraih Juara 1 (diraih oleh Grace Setiyani T., Rezza Rahadi S., dan Agung Putra Sulaiman) dalam Indonesia Accounting Fair 14 yang diselenggarakan oleh Universitas Indonesia pada 25-26 Februari 2013 lalu. Tidak hanya itu, mahasiswa Jurusan Akuntansi UKWMS juga menorehkan Juara 1 dan 2 di Universitas Atma Jaya, Yogyakarta, Juara 3 di Universitas Bakrie, Jakarta serta Juara 1 di Universitas Widyatama, Bandung.  Bahkan ini bukan kali pertama mahasiswa Jurusan Akuntansi UKWMS menorehkan prestasi di Universitas Gadjah Mada. Pada 2 tahun sebelumnya, Jurusan Akuntansi sudah pernah meraih Juara 3 di lomba serupa.
Lomba tersebut diikuti oleh perguruan tinggi dari seluruh penjuru Indonesia, seperti Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, Universitas Atmajaya, Universitas Tarumanegara, dan Universitas Trisakti, dengan total 97 tim yang mendaftar. NAO dimulai dengan babak pra-eliminary, yang akan menyaring 97 tim menjadi 35 tim terbaik melalui pengerjaan soal akuntansi secara online. Jurusan Akuntansi UKWMS mengirimkan 2 tim terbaiknya untuk bertanding di ajang bergengsi tersebut. Pemilihan tim ini dilakukan dengan melalui proses seleksi yang dilakukan oleh Jurusan Akuntansi bersama dengan Kelompok Studi Akuntansi (KSA) UKWMS. Tim 1 terdiri dari Agung Putra Sulaiman (3203010135), Meilya Lim (3203010194), dan Leo Yehuda Suhono (3203011164), sedangkan tim 2 terdiri dari Maria Evania Hormansyah (3203010070), Zendy Wiranata Wijaya (3203010115) dan Aditama Winarto (3203010174). Kedua tim tersebut berhasil lolos dari babak pra-eliminary dan masuk dalam 35 besar.
Setelah lolos dalam babak selanjutnya, kedua tim dibekali dengan pelatihan rutin yang diadakan oleh Jurusan Akuntansi. Pelatihan atau tentir, yang diberikan oleh dosen-dosen Jurusan Akuntansi UKWMS, tersebut meliputi matakuliah-matakuliah yang menjadi core atau kompetensi utama yang akan dilombakan atau matakuliah yang masih kurang begitu dikuasai oleh tim lomba, seperti Sistem Informasi Akuntansi, Akuntansi Keuangan Lanjutan, dan Akuntansi Sektor Publik. Selain itu, mahasiswa melakukan persiapan mandiri melalui fasilitas yang disediakan di KSA.
Juara 1 NAO 2013 ini diraih oleh tim 1 yang terdiri dari Agung Putra Sulaiman, Meilya Lim, dan Leo Yehuda Suhono. Sedangkan tim 2, yang terdiri dari Maria Evania Hormansyah, Zendy Wiranata Wijaya dan Aditama Winarto, tidak berhasil masuk ke babak final, namun berhasil meraih peringkat ke-5. Juara 2 NAO diraih oleh Universitas Surabaya, sedangkan juara 3 diraih oleh Universitas Bina Nusantara. Juara 1 dalam NAO 2013 Universitas Gadjah Mada ini memperoleh Trophy Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Hadiah Magang di Kantor Akuntan Publik (KAP) PriceWaterhouse Coopers, dan tabungan pendidikan senilai Rp 8.000.000,00.

Perjuangan kedua tim sungguh luar biasa. Mereka harus melalui 4 macam babak, yaitu: penyisihan 1 (pengerjaan individu dan kelompok), penyisihan 2 (pengerjaan kelompok), semifinal (terdiri dari 4 games yang membutuhkan kecepatan dan ketepatan) dan terakhir babak final (menggabungkan cerdas cermat dengan presentasi kasus). Dari 35 tim yang ada, dalam babak penyisihan 1 disusutkan menjadi 20 tim, yang kemudian akan disusutkan kembali menjadi 9 tim setelah babak penyisihan 2. Sampai dengan 9 tim tersebut tim UKWMS tetap bertahan dan melaju ke babak semifinal. Namun sayang, pada babak ini hanya tim 1 yang berhasil lolos untuk melaju ke babak final. Pada babak final ini, tim UKWMS berjuang untuk memperoleh poin tertinggi di sesi cerdas cermat dan presentasi kasus.

Prestasi membanggakan tersebut diraih bukan karena keberuntungan semata, melainkan melalui proses selama bertahun-tahun dan perencanaan yang matang. Jurusan Akuntansi memiliki Kelompok Studi Akuntansi (KSA) yang menjadi mitra Jurusan dalam mengembangkan skill kompetisi di kalangan mahasiswa dan menjadi wadah belajar mandiri (self access learning) bagi mahasiswa Jurusan Akuntansi. Melalui KSA ini, mahasiswa belajar tentang akuntansi secara mandiri dengan fasilitas self access learning (seperti bank soal, komputer, internet dan perpustakaan mini) yang memadai dan juga bebas berdiskusi antar mahasiswa. KSA juga meng-update informasi lomba-lomba yang diadakan oleh Universitas lain untuk kemudian membuat perencanaan bersama dengan Jurusan Akuntansi untuk pengiriman dan persiapan delegasi lomba. KSA ini merupakan salah satu fasilitas yang ada di Jurusan Akuntansi untuk mengembangkan skill mahasiswa. Tidak hanya hard skill saja yang dikembangkan di UKWMS, tetapi soft skill juga menjadi perhatian utama karena UKWMS adalah a life improving university. Jurusan Akuntansi UKWMS membekali mahasiswa dengan skill-skill yang berguna bagi kehidupan mahasiswa di masa depan. Selamat dan sukses bagi para juara. Perjuangan tidak berhenti di sini. Tetaplah berjuang untuk prestasi yang lebih gemilang. (Pat)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Flickr Photos

A bellezza di a natura (C☺rsica)

More Photos

REMOVE YOUR BUSINESS PAIN

CMA Consulting is professional consultant with years of experience. Our consultancy subjects are including: Finance, Tax, Audit and Information Technology.

Twitter Updates

%d bloggers like this: